PROGRAM KERJA TAHUNAN WAKASEK URUSAN KESISWAAN | |||||
SMA NEGERI 11 PURWOREJO | |||||
No. | BIDANG DAN KEGIATAN | LANGKAH-LANGKAH YANG DILAKSANAKAN | PENANGGUNG JAWAB | ||
I | Pengadaan dan Pembenahan | ||||
Administrasi | |||||
1 | Buku Prestasi Siswa | – | Mencatat setiap prestasi | Wk. Kesiswaan | |
siswa dalam berbagai event | |||||
2 | Buku Kegiatan Kesiswaan | – | Mencatat semua kegiatan | Wk. Kesiswaan | |
kesiswaan | |||||
3 | Buku Catatan Pembinaan | – | Pengurus OSIS mengisi buku | Wk. Kesiswaan | |
Siswa | laporan pelaksanaan upacara | ||||
4 | Buku Catatan Pembinaan | – | Menangani siswa yang | Wk. Kesiswaan | |
Siswa | bermasalah | ||||
5 | Dokumentasi Piagam | – | Mengarsipkan piagam, piala, | Wk. Kesiswaan | |
penghargaan, piala dan tropi | tropi | ||||
6 | Dokumentasi kegiatan | – | Membuat Foto / VCD | Wk. Kesiswaan | |
kegiatan siswa | |||||
7 | Peralatan Upacara | – | Menambah / memperbaiki | Pembina OSIS | |
perlengkapan / peralatan | |||||
upacara | |||||
II | Penerimaan Siswa Baru | – | Melaksanakan PSB sesuai | Kepala Sekolah | |
1 | Penerimaan Siswa Baru | dengan ketentuan yang | |||
berlaku | |||||
2 | Orientasi Siswa Baru | – | Menyajikan materi WWM, | Wk. Kesiswaan | |
program belajar, kurikulum, | |||||
kebijakan sekolah, PBB, | |||||
Upacara | |||||
No. | BIDANG DAN KEGIATAN | LANGKAH-LANGKAH YANG DILAKSANAKAN | PENANGGUNG JAWAB | ||
III | Pembinaan Siswa | ||||
1 | Pembinaan Keimanan dan | Pembina OSIS dan | |||
Ketaqwaan Terhadap Tuhan | Pembina ROHIS | ||||
Yang Maha Esa | |||||
a. Ibadah | – | Melaksanakan sholat Jumat, | |||
Idul Fitri, Idul Adha dan | |||||
penyembelihan hewan Kurban. | |||||
– | Melakukan pesantren kilat | ||||
dan pembagian zakat fitrah | |||||
b. Peringatan hari besar | – | Mengadakan peringatan hari | |||
Agama | besar agama Islam / non Islam | ||||
c. Lomba | – | Mengadakan berbagai lomba | |||
untuk kegiatan bernuasa | |||||
keagamaan | |||||
d. Baca Al Qur’an | – | Baca Al Quran bersama-sama | |||
selama bulan Ramadhan | |||||
2 | Pembinaan Budi Pekerti | Wk Kesiswaaan | |||
Luhur atau Akhlak Mulia | |||||
a. Tata Tertib | – | Menyusun buku tata tertib | |||
siswa, kelengkapan | |||||
pelaksanaannya dan sosialisasi | |||||
tata tertib siswa. | |||||
– | Bersama STP2K memantau | ||||
pelaksanaan tata tertib siswa, | |||||
melaksanakan razia dan | |||||
pembinaan siswa. | |||||
– | Mengadakan kerjasama dengan | ||||
berbagai instansi terkait, untuk | |||||
informasi dan pencegahan | |||||
pelanggaran tata tertib dan | |||||
kriminal siswa | |||||
No. | BIDANG DAN KEGIATAN | LANGKAH-LANGKAH YANG DILAKSANAKAN | PENANGGUNG JAWAB | ||
3 | Pembinaan Kepribadian | Wk Kesiswaaan | |||
Unggul Wawasan Kebangsaan | |||||
dan Bela Negara | |||||
a. Upacara Bendera | – | Membenahi upacara, dan | |||
kelengkapannya, melatih | |||||
petugas upacara, dan | |||||
melaksanakan pembinaan | |||||
terhadap perserta upacara | |||||
b. Peringatan hari besar | – | Melaksanakan upacara | |||
Nasional | peringatan hari besar nasional | ||||
di Sekolah | |||||
– | Mengirim petugas dan peserta | ||||
upacara di tingkat Kecamatan/ | |||||
Kabupaten | |||||
– | Melaksanakan kegiatan | ||||
memeriahkan peringatan HUT | |||||
Kemerdekaan RI | |||||
– | Membentuk dan melatih | ||||
kelompok paduan suara | |||||
c. Paskibra | – | Membentuk dan melatih Tim | |||
Paskibra dan mempersiapkan | |||||
regenerasinya | |||||
4 | Pembinaan prestasi akademik, | Pembina OSIS | |||
Seni, dan atau olah raga sesuai | |||||
bakat dan minat | |||||
a. Pentas Seni / Musik | – | Berkoordinasi dengan guru | |||
kesenian, untuk mengadakan | |||||
gelar pentas seni antar kelas | |||||
No. | BIDANG DAN KEGIATAN | LANGKAH-LANGKAH YANG DILAKSANAKAN | PENANGGUNG JAWAB | ||
b. Lomba Kesenian dan Olah | – | Bersama OSIS mengadakan | |||
Raga | lomba kesenian dan lomba | ||||
Olah Raga | |||||
– | Mengirimkan siswa dalam | ||||
lomba-lomba akademik, baik | |||||
di tingkat Kabupaten maupun | |||||
Propinsi | |||||
– | Mengirimkan siswa dalam | ||||
kegiatan seminar / bedah buku | |||||
di tingkat Kabupaten maupun | |||||
Propinsi | |||||
– | Membentuk kelompok Karya | ||||
Ilmiah Remaja | |||||
5 | Pembinaan demokrasi hak | Pembina OSIS | |||
asasi manusia, pendidikan | |||||
politik, lingkungan hidup, | |||||
kepekaan dan toleransi sosial | |||||
dalam konteks masyarakat | |||||
plural | |||||
a. MPK | – | Membentuk Majelis Perwakilan | |||
Kelas | |||||
b. OSIS | – | Mengadakan seleksi OSIS dan | |||
Latihan Dasar Kepemimpinan | |||||
bagi calon Pengurus OSIS | |||||
– | Mengadakan kampanye dan | ||||
pemilihan Ketua sekaligus | |||||
membentuk kepengurusan OSIS | |||||
– | Mengadakan serah terima | ||||
pengurus OSIS | |||||
– | Mengikutsertakan pengurus | ||||
OSIS dalam kegiatan penataran/ | |||||
seminar dan sejenisnya | |||||
– | Mengadakan pembinaan kepada | ||||
pengurus OSIS | |||||
No. | BIDANG DAN KEGIATAN | LANGKAH-LANGKAH YANG DILAKSANAKAN | PENANGGUNG JAWAB | ||
c. Penghijauan | – | Bersama OSIS merenakan dan | |||
mengadakan penanaman | |||||
pohon di lingkungan sekitar | |||||
6 | Pembinaan kreativitas, | ||||
ketrampilan dan kewirausahaan | |||||
a. Kantin Kejujuran | – | Koordinasi dengan pembina | Pembina OSIS | ||
Koperasi mengembangkan | |||||
peran siswa dalam memenuhi | |||||
kebutuhannya | |||||
7 | Pembinaan kualitas jasmani, | Pembina OSIS | |||
kesehatan dan gizi berbasis | |||||
sumber gizi yang terdiversikasi | |||||
a. UKS | – | Mengefektifkan kegiatan UKS | |||
dalam latihan maupun dalam | |||||
tugas-tugas pengabdian | |||||
– | Mengikutsertakan siswa dalam | ||||
kegiatan seminar/sosialisasi | |||||
dampak rokok, zat adiktif | |||||
lainnya | |||||
8 | Pembinaan Sastra dan Budaya | ||||
a. Pagelaran Tari / Puisi | Mengadakan latihan tari / | Pembina OSIS | |||
baca puisi untuk ditampilkan | |||||
dalam acara rapat komite | |||||
maupun perpisahan | |||||
9 | Pembinaan Teknologi | Pembina OSIS | |||
Informasi dan Komunikasi (TIK) | |||||
a. Pelatihan Komputer | – | Mengikutsertakan Pengurus | |||
OSIS dalam kegiatan pelatihan | |||||
komputer/internet | |||||
No. | BIDANG DAN KEGIATAN | LANGKAH-LANGKAH YANG DILAKSANAKAN | PENANGGUNG JAWAB | ||
10 | Pembinaan Komunikasi dalam | Pembina OSIS | |||
Bahasa Inggris | |||||
a. Lomba debat Bahasa Inggris | – | Bersama Guru Bahasa Inggris | |||
mengadakan lomba teater | |||||
IV | Ekstrakurikuler | ||||
1 | Pendataan peserta dan | – | Mengadakan angket dan | Wk. Kesiswaan | |
penyusunan jadwal kegiatan | pendataan peserta kegiatan | ||||
serta koordinasi | ekstrakurikuler | ||||
2 | Koordinasi Pembina kegiatan | – | Bersama dengan pembina | Wk. Kesiswaan | |
Ekstrakurikuler | kegiatan ekstrakurikuler | ||||
menyusun jadwal | |||||
3 | Pramuka | – | Latihan Rutin | Pembina Pramuka | |
– | Kegiatan Upacara hari besar | ||||
– | Kemah Alih Golongan | ||||
– | Pelantikan CDP | ||||
– | Wide Game | ||||
– | Estafet Pramuka | ||||
– | Pengadaan Barang | ||||
4 | Olah Raga | ||||
4.1 Pencak Silat | – | Pendadaran dan ujian | Pembina Silat | ||
kenaikan tingkat 1 | |||||
– | Pendadaran dan ujian | ||||
kenaikan tingkat 2 | |||||
4.2 Bola Voli | – | Latihan dan Pertandingan | Pembina Voli | ||
persahabatan | |||||
5 | KIR | – | Koordinasi dengan pembina | Pembina KIR | |
kegiatan KIR dalam rangka | |||||
pelaksanaan latihan | |||||
6 | Pecinta Alam | – | Diksar Pecinta Alam | Pembina PA | |
– | Pembelian Perlengkapan | ||||
– | Tradisi | ||||
No. | BIDANG DAN KEGIATAN | LANGKAH-LANGKAH YANG DILAKSANAKAN | PENANGGUNG JAWAB | ||
7 | Jurnalistik | – | Koordinasi dengan pembina | Pembina Majalah | |
kegiatan, dalam rangka | Sekolah dan Dinding | ||||
pelaksanaan pengenalan | |||||
masalah pers dan kegiatan | |||||
latihan | |||||
8 | Conversation Club | – | Mendatangkan Native Speaker | Pembina Coversation | |
– | Practicing di borobudur | Club | |||
– | Pengiriman lomba bahasa | ||||
Inggris | |||||
9 | Rohis/Rokris | – | Koordinasi dengan pembina | Pembina Rohis/Rokris | |
kegiatan dalam rangka | |||||
pelaksanaan latihan | |||||
10 | PMR | – | Latihan dasar ke PMR an | Pembina PMR | |
– | Lomba Invitasi PMR tingkat | ||||
Kabupaten | |||||
– | Jumbara tingkat Kabupaten | ||||
– | Kemah bakti masyarakat | ||||
– | Membeli Obat – obatan | ||||
V | Pembinaan Prestasi Siswa | ||||
1 | Olimpiade Mapel | – | Koordinasi dengan Wk Kurikulum | Wk. Kurikulum dan | |
dan pembina prestasi akademis; | Pembina Prestasi | ||||
mengikutsertakan siswa dalam | |||||
kegiatan olimpiade | |||||
2 | Lomba OR, Kesenian, KIR, | – | Mengikuti lomba OR dan | Pembina terkait | |
dan lain-lain | Kesenian, KIR dan lain-lain | ||||
3 | Lomba Tata Upacara Bendera | – | Mempersiapkan regu Paskibra | Pembina terkait | |
dan PBB | dalam menghadapi lomba TUB | ||||
tingkat Kabupaten | |||||
4 | Paskibra | – | Seleksi Paskibra untuk tingkat | Pendamping Wk | |
kecamatan dan Kabupaten | Kesiswaan | ||||
5 | Duta Wisata | – | Ikut serta dalam lomba mas | Wk Kesiswaan | |
dan mbak Kabupaten Purworejo | |||||
No. | BIDANG DAN KEGIATAN | LANGKAH-LANGKAH YANG DILAKSANAKAN | PENANGGUNG JAWAB | ||
VI | Pengadaan Alat/Kegiatan | Wk Kesiswaan | |||
1 | Pengadaan Kelengkapan | – | Mengadakan koordinasi dengan | ||
Kegiatan Ekstra Kurikuler | Wk. Sarana/Prasarana dan | ||||
pembina ekstrakurikuler | |||||
VII | Koordinasi dan Evaluasi | – | Mengadakan Koordinasi | Wk Kesiswaan | |
pembina OSIS secara rutin / | |||||
sesuai keperluan | |||||
– | Memantau pelaksanaan | ||||
program | |||||
VIII | Laporan | – | Inventaris program yang telah | Wk Kesiswaan | |
atau belum dilaksanakan, | |||||
faktor pendukung atau | |||||
penghambat yang dihadapi | |||||
kurun waktu 1 tahun ajaran | |||||
Jumlah |
Renew the Spirit of Contribution to Empowering the Way of Good Character